Pernah tidak merasakan pas jemput anak sekolah tiba - tiba motor mati, susah banget dihidupin? Kesel banget, mana panas plus mau jemput anak sekolah, kan kasian anaknya jadi telat dijemput.
Saya pernah merasakan itu, dan jujur kesel banget. Beruntung kalau mogok gitu pas ada bengkel yang dekat nah kalau nggak ada, gimana?
Saya tuh termasuk yang jarang banget memperhatikan kondisi motor, pahamnya hanya menggunakannya saja, padahal saya harus paham kondisi motor ya supaya ketika ada kendala kita tidak merasa panik dan juga paham apa yang harus dilakukan.
Sebagai seorang ibu, yang notabene sangat cuek untuk urusan seperti ini saya merasa terpanggil untuk memahami loh, karena saya pikir meskipun seorang ibu namun harus paham juga untuk urusan kendaraan, betul?
Mana nih suaranya yang sepakat dengan saya ?
Oke, kalau banyak yang sepakat. Setelah bertanya kesana kemari dan mencari informasi dibanyak tempat, saya akan share juga nih bagian - bagian dari motor yang wajib banget dicek ketika service.
Inilah 8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor
Mengingat service motor itu penting, makanya kita juga sebagai ibu - ibu harus paham. Service motor itu adalah pengecekan kondisi motor yang dilakukan rutin dan biasanya dilakukan ketika motor sudah memasuki atau mencapai jarak tempuh tertentu. Ada beberapa bagian yang jangan sampai terlewatkan ketika dicek, diantaranya adalah :
1. OLI MESIN
Bu ibu sudah pada tahu dong bahwa oli mesin memiliki fungsi sebagai pelumas, pendingin dan juga pelindung mesin. Makanya harus rutin diganti sesuai jarak tempuh yang sudah dicapai, kalau rata - rata pabrikannya sih direkomendasikan penggantiannya itu 2500 km. Untuk biayanya juga disesuaikan yah dengan merk oli yang digunakan dan juga akan dikenakan biaya jasa ganti oli motor matic nya.
Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli
2. OLI GARDAN
Bu ibu para pengguna motor matic wajib banget rutin ganti oli gardan, jangan sampe kelupaan. Karena fungsi oli gardan itu untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Ingat rumusan waktu penggantiannya yaitu 2x ganti oli mesin, kemudian barengi dengan 1x ganti oli gardan, catat yah.
3. BUSI
Part paling penting pada bagian motor, fungsinya tuh untuk ubah aliran listrik koil menjadi percikan api dan menjadikan mesin menyala. Kalau busi nggak berfungsi baik ya motor akan susah dinyalakan, jadi harus ganti busi.
4. KAMPAS REM
Penting untuk keamanan dan juga keselamatan selama berkendara, jadi ini bisa dibilang faktor penting yang sangat perlu diperhatikan. Sistem pengereman ini penting karena jika kampas rem sudah tipis rem akan jadi kurang pakem, dan bisa membahayakan selama berkendara. Makanya kampas rem ini harus selalu dicek yah ketika melakukan service motor.
5. FILTER UDARA
Fungsinya buat menyaring udara yang masuk pada ruang pembakaran supaya jangan sampai ada kotoran yang masuk, yang nantinya akan menyumbar sistem injeksi dan karburator. Lakukan pemeriksaan dulu sebelum akhirnya mekanik memutuskan untuk membersihkan filter udara ini atau menggantinya.
6. AKI / ACCU
Perlu diketahui nih tentang tegangan aki yang idealnya itu berada pada 12,3 - 12,6 volt dalam kondisi mesin mati. Kemudian jika mesin menyala itu idealnya tegangan aki pada 13,7 - 14,2 volt. Jika tegangan aki nggak sesuai bisa saja ada kebocoran atau kondisi terminal berkarat, ya pilihannya harus dilakukan pemeriksaan detail. Jika kondisi aki sudah tidak layak maka harus segera diganti supaya bisa tetap menggunakan motor dengan nyaman.
7. BAN
Ban, paling penting dilakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala, bahkan nih ya harusnya setiap mau pergi cek dulu kondisi ban dulu. Karena pas service motor mekanik biasanya akan fokus memeriksa pada tekanan udara dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan entah itu ban gundul atau tidak dan hal lainnya.
8. TUNE UP MOTOR
Service tune up merupakan servis rutin yang harus dilakukan, meliputi pemeriksaan pada semua komponen, terutama pada komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Untuk pemeriksaannya biasanya tuh fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem dan juga pada klakson.
Biasanya juga tune up itu disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan atau bahkan penggantian sparepart. Tapi tenang saja, mekanik akan memberikan info dulu sebelum melakukan perbaikan, jadi semua tergantung persetujuan kita juga.
Dimana ya bengkel servis motor terbaik?
Untuk mencari bengkel terbaik itu gampang - gampang susah, loh. Yang pasti kalau nyari bengkel ya harus nyari bengkel yang bagus. Sini saya kasi tahu nih bengkel yang menjadi andalan saya, Planet Ban. di Planet Ban ini kita bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru, hmmmm bagaimana ya rasanya?
Jadi servis motor rasa baru ini dikenal juga dengan sistem servis terpadu, yang mana punya tujuan untuk melakukan jenis service motor untuk meningkatkan performa dan juga ketahanan motor dengan cara yang cepat dan tentu dengan biaya yang lebih hemat. Service ini fokus pada pemeriksaan dan juga perbaikan pada servis motor rasa baru, yakni pada bagian vital yang letaknya tersembunyi dan paling jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel secara rutin.
Manfaat melakukan servis di Planet Ban
Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika melakukan servis di Planet Ban, diantaranya adalah :
- Servis di Planet Ban, menggunakan oli dan juga cairan khusus berteknologi tinggi jadi bisa meningkatkan performa motor dan juga memberikan proteksi pada mesin. Otomatis, mesin menjadi lebih awet jadi jarang rusak gitu.
- Kalau dipadukan dengan sparepart asli, maka pemakaiannya akan menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin dan juga tarikan jadi lebih enteng.
- Kalau ganti oli itu kira - kira 4 - 6 bulan sekali, sekitar jarak tempuh 5000 km, jadi nggak perlu sering ke bengkel, jadi lebih hemat kan gaes?
- Teman - teman, kita bisa ikut memelihara dan juga menjaga lingkungan hidup karena emisi dan juga polusi dari motor berkurang.
Apa bedanya servis motor di Planet Ban dan tempat lain?
Jika servis motor di Planet Ban secara rutin, seluruh bagian pada mesin motor itu akan dibersihkan sampai terasa baru. Bahkan sampai pada kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya itu bersih dari sisa - sisa pembakaran, debu dan juga kotoran sehingga motor terasa seperti punya mesin baru.
Asik banget yah kalau service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru, tarikannya pun menjadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70% dan tentu lebih hemat BBM. Mesin pun menjadi lebih bersih secara total.
Ngomong - ngomong berapa nih harga service motor di Planet Ban?
Terjangkau banget loh, sini saya bisikin ya harganya :
- Service motor injeksi , 20.000
- Service CVT sekaligus rantainya , 19.500
- Service Throttle body, 20.000
7 Comments
Planet ban emang beda ya. Kepuasan pelanggan menjadi hal yang utama. Bikin betah untuk kembali service lagi kesana
ReplyDeleteiya jadi ingin langganan terus yah
DeleteBikin kendaraaan jadi enak digunakan yah, makasih loh informasinya jadi aware sama service motor juga nih
ReplyDeletePlanet Ban memang memberikan kenyaman ketika service ya, jadi selalu ingin balik lagi kalau service tuh
ReplyDeleteSelama ini aku termasuk cuek banget sama service motor, hehe, ternyata sepenting itu yah
ReplyDeleteSaya paling cuek nih masalah service motor, ke bengkel kalau sudah mogok motornya, huhuh
ReplyDeletePaling suka sama pelayanan Planet Ban, sudah gitu data kita otomatis tersimpan
ReplyDeleteTerimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)